Olahraga Disabilitas

Jumat, Februari 09, 2024 0 Comments

 

Potensi Olahraga Disabilitas Mendapatkan Perhatian Serius

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Lembaga Pengembangan Olahraga (LPO) Pimpinan Pusat Muhammadiyah menggelar webinar dengan tajuk Ngaji Olahraga Disabilitas, pada Jumat (9/2). Webinar ini menghadirkan Hariyanto, Hariyanto, Ketua National Paralympic Committee (NPC) Kota Yogyakarta, dan Rumpis Agus Sudarko, dosen Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta. Dimoderatori Agus Sudaryono dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah, webinar ini dihadiri puluhan peserta dari berbagai lembaga.

“National Paralympic Committee atau NPC Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan organisasi olahraga prestasi para penyandang disabilitas yang menjadi satu-satunya wadah pembinaan dan penyelenggaraan keolahragaan para penyandang disabilitas Daerah Istimewa,” jelas Hariyanto. Hariyanto menambahkan bahwa NPC berwenang mengkoordinasikan dan membina setiap dan seluruh kegiatan olahraga prestasi para penyandang disabilitas di seluruh wilayah hukum Daerah Istimewa Yogyakarta serta misi kegiatan paralympic Indonesia di tingkat daerah maupun nasional.

Sementara itu Rumpis Agus Sudarko menyebutkan bahwa olahraga disabilitas memiliki potensi untuk dikembangkan. “Perlu usaha dan perhatian yang serius dalam pengembangan olahraga disabilitas dari berbagai pihak. Sekolah yang memiliki kelas khusus olahraga bisa mengembangkan olahraga untuk siswa disabilitas, seperti yang dilakukan oleh SMA Muhammadiyah 10 Surabaya,” ujarnya.

Sampai saat ini NPC memiliki beberapa cabang olahraga yang sudah dipertandingkan di PEPARNAS (Pekan Paralympic Nasional) yaitu Angkat Berat, Atletik, Bowling, Bulutangkis, Catur, Goalball, Judo, Panahan, Renang, Sepak Bola, Tenis Kursi Roda, Tenis Meja, dan Volley Duduk. Kegiatan webinar ini diharapkan bisa menjadi awal kolaborasi LPO Muhammadiyah untuk memajukan olahraga disabilitas warga Persyarikatan Muhammadiyah, dengan dukungan dari NPC. Webinar ini adalah webinar Ngaji Olahraga ketiga yang digelar LPO Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

0 komentar: